4 Kesalahan yang Perlu Kamu Hindari saat Mengembangkan Karier di Usia 20-an

Apakah Sahabat Fimela salah satu perempuan yang masih berusia 20an?Jika ya, kamu merupakan sosok yang masih muda, aktif dan memiliki banyak kesempatan. Perlu diingat, saat memasuki usia 20-an ada begitu banyak peluang untuk berkarier di bidang yang kamu sukai.

Namun, yang perlu kamu ingat bahwa, mengembangkan karier di usia 20-an memerlukan kehatia-hatian. Beberapa orang cenderung membuat kesalahan, baik dalam mengelola keuangan atau waktu. Nah, untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu hindari untuk mengembangkan karier di usia 20-an.

1. Hanya Percaya Memiliki Satu Pilihan Karier

Ini adalah mitos bahwa kamu hanya dapat membuat satu pilihan karier. Sebenarnya kamu harus memiliki fleksibilitas itu untuk mengubah jalur karier sesuai keadaan dan pilihan. Kamu harus selalu memiliki pilihan karier.

2. Tidak Selalu Membuatmu Bahagia

Apa yang membuatmu bahagia adalah segalanya pada akhirnya. Jika kamu tidak bahagia dengan kariermu, maka tidak ada gunanya melakukannya. Kamu akan melelahkan diri sendiri, menjadi pemarah dan selalu tidak bahagia tidak peduli berapa banyak uang yang kamu hasilkan. Kepuasan diri itu akan selalu terlihat tidak bisa diraih. Saat memilih karier, fokuslah pada apa yang kamu tahu kamu kuasai.

3. Menunda untuk Berinvestasi

Hal ini sebenarnya sebaliknya. Di usia 20-an kamu disarankan untuk menjadi waktu yang tepat untuk belajar tentang investasi. Kamu belajar sekarang dan menerapkannya sehingga kamu tidak pernah meminta uang kepada orang lain. Menurut pakar keuangan, aturan 50-30-20 berhasil. Di sini 50% dari gajimu digunakan untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Lakukan ini setiap bulan. Jika kamu dapat menghemat sedikit lebih banyak, itu lebih baik.

4. Tidak Memiliki Banyak Teman dan Jaringan

Saat ini, media sosial telah menjadi media kejahatan, tetapi, kamu harus berada di sana untuk masa depanmu sendiri. Kamu tidak pernah tahu siapa yang datang dan kapan. Juga, mulailah berbicara dengan orang yang berbeda di berbagai lapisan masyarakat. Hadiri beberapa pesta itu karena akan ada orang dari mana-mana. Buat jaringan profesional yang kuat.

Ketika beberapa hal dalam berkarier berjalan baik dan gajimu mungkin telah memenuhi kebutuhan, sebaiknya jangan buang-buang waktu untuk berinvestasi sejak dini. 

Recommended Articles